Home / Uncategorized / Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 Tahun 2017 di Kalimantan Timur

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 Tahun 2017 di Kalimantan Timur

Sekretaris Daerah Kalimantan Timur H. Rusmadi memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 tahun 2017 yang pelaksanaannya dipusatkan di Kantor Balitbangda Prov. Kaltim, Senin (28/8/2017).

Dalam sambutannya H. Rusmadi menyampaikan bahwa Meskipun pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kaltim sudah bertambah maju, namun Kaltim masih dihadapkan pada 3 persoalan pokok diantaranya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, pembudidayaan ikan dan nelayan melalui peningkatan nilai tambah dan penyerapan tenaga kerja, bagaimana meningkatkan pertumbuhan sektor perikanan yang dapat menjamin keberlanjutan pemanfaatan sumber daya ikan, dan bagaimana mengelola dan melestraikan sumber daya ikan (SDI) dan sumber daya alam (SDA) di wilayah pesisir, laut dan pulau-pulau kecil.

Seperti yang diketahui, bahwa Kaltim memiliki 16,7 juta hektar dengan luasan perairan 10 juta hektar, terdapat  lebih kurang  seratus buah pulau-pulau kecil, baik yang berpenghuni maupun yang tidak ada pemukimannya. Selain terdiri dari daratan yang luas, Kaltim juga memiliki kawasan perairan dan laut yang cukup luas, sehingga memiliki potensi laut dan kemaritiman yang besar.

Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Hakteknas dianggap sebagai tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Tema Hakteknas ke-22 tahun 2017 adalah “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan,” dengan sub tema: “Peran Sumberdaya Manusia dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia. Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 tahun 2017 telah dilaksanakan di Makassar pada Kamis (10/8/2017).

Dalam kesempatan ini H. Rusmadi juga mengunjungi Pusat Diseminasi Iptek (PDI) Balitbangda Prov. Kaltim yang menampilkan berbagai peralatan dan produk Teknologi Tepat Guna hasil penelitian dan pengembangan Balitbangda Prov. Kaltim. (nf)

About admin

Check Also

Rapat Finalisasi Penentuan Perangkat Daerah Terbaik Dan Penandatanganan Berita Acara Penetapan Pemenang Perangkat Daerah Terbaik di Lingkungan Pemprov. Kaltim tahun 2017.

Pada hari kamis tanggal 22  Maret 2018 Tim Penilai Perangkat Daerah Terbaik, melaksanakan rapat finalisasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: