Home / Uncategorized / Lima Ribu Peserta Ikut Menari Ramaikan HUT ke 61 Pemprov Kaltim

Lima Ribu Peserta Ikut Menari Ramaikan HUT ke 61 Pemprov Kaltim

SAMARINDA, TRIBUN – Pelaksanaan upacara HUT ke 61 Pemprov Kaltim dirangkai dengan tarian Merajut Nusantara, di Stadion Sempaja Samarinda, Selasa (9/1). Tarian disebut diikuti 5.000 peserta, mulai dari PNS, Honorer Pemprov hingga masyarakat yang hadir dalam upacara tersebut.

“Dipilihnya tarian Merajut Nusantara juga tak lepas dari keberagaman suku yang ada di Indonesia. Apalagi, ini momentum Pilkada, dimana keberagaman bisa menjadi kunci untuk persatuan,” ucap Kabiro Humas dan Protokol Pemprov, Tri Murti Rahayu, Selasa (9/1).

Ada perwakilan 6 jenis tarian yang dilakukan bersamaan selama 12 menit tersebut. “Ada tari Dayak, tari Tor-Tor, tari Tobelo, Papua, Jepen, serta tarian Sunda,” ucap Tri Murti Rahayu.
Peserta dari tarian tersebut, bukan hanya kalangan masyarakat. Tetapi juga dari kalangan PNS serta honorer dari Pemprov Kaltim.

Tak hanya itu, persiapan terkait tari ini, juga dikomandoi langsung oleh Tri Murti Rahayu, yang kebetulan memiliki beberapa jaringan dalam pelaksanaan tari. Ia , selain juga sebagai Kabiro Humas, juga merupakan Ketua Harian dari IODI (Ikatan Olahraga Dance Sport Indonesia) Kaltim. Dijelaskannya, latihan beberapa peserta untuk ikuti tari, sudah dilakukan jauh-jauh hari.

“Latihannya sudah lama. Tahun lalu, kan juga digelar tarian massal. Mereka biasanya latihan di depan Kantor Gubernur Kaltim , ketika jam bekerja sudah selesai. Ini juga harus diberikan applause, karena tak sekedar bekerja di pemerintahan, tetapi pegawai-pegawai ini juga ikut andil dalam memeriahkan HUT ke 61 Pemprov,” katanya.

Beberapa pejabat yang hadir dalam acara tersebut, juga ikut tampak hadir menggerakkan badan mereka ikuti penggerak tari yang berada di area panggung khusus. Mulai dari Rusmadi, Sekda Kaltim, Bupati Kutim, Ismunandar, PJ Bupati Kukar, Edi Damansyah, hingga beberapa pejabat Pemprov, maupun Kabupaten/ Kota.

Gubernur Kaltim, Awang Faroek ikut menyampaikan harapannya di usia Pemprov yang kini memasuki 61 tahun tersebut. “HUT ini harus dijadikan momentum untuk manjadikan Kaltim sebagai daerah yang maju. Harus lebih bekerja keras, bekerja cerdas, mensejahterakan ekonomi yang lebih baik untuk masyarakat,” ucapnya.

Dipilihnya tarian dari 6 daerah di Indonesia, disebut Awang sebagai cermin akan kondisi Kaltim yang saat ini masih kondusif. “Ini sebagai bukti, bahwa Kaltim yang heterogen ini, bisa terus dipertahankan dan semakin kondusif. Banyak suku, agama dan golongan tetapi tetap aman,” ucapnya. Dalam kegiatan tersebut, juga diberikan panji-panji penghargaan kepada Kabupaten/ Kota yang ada di Kaltim. (anj)

About admin

Check Also

Malam Anugerah Kaltim 2018, Komitmen Bersama Membangun Kaltim

SAMARINDA – Masih dalam rangkaian HUT ke-61 Provinsi Kaltim 2018 digelar Malam Anugerah Kaltim untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: