Home / Uncategorized / AKSI TANAM 4.032 BIBIT POHON, GUBERNUR TANAM POHON ULIN DI APT PRANOTO

AKSI TANAM 4.032 BIBIT POHON, GUBERNUR TANAM POHON ULIN DI APT PRANOTO

SAMARINDA – Tidak kurang dari 4.032 bibit pohon dari berbagai jenis flora khas Kalimantan ditanam dalam kawasan Bandara Internasional Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda. Kegiatan tanam pohon bertajuk Ayo Gotong Royong Menanam Pohon dipimpin langsung Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak diikuti pegawai di jajaran Pemprov Kaltim.

Ikut menanam bibit pohon Pj Sekretaris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana dan Komandan Korem 091 Aji Suryanata Kusuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan. Tampak pula, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan H Ichwansyah serta Asisten Administrasi Umum H Bere Ali, Kepala Dinas Kehutanan H Wahyu Widhi Heranata dan Kepala Dinas Perhubungan H Salman Lumoindong.

Selain, ratusan pegawai tampak pula para Staf Ahli dan Tenaga Ahli Gubernur, pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, pimpinan instansi vertikal, TNI dan Polri.

Pada kesempatan itu, Gubernur Awang Faroek menanam pohon jenis Ulin dan Pj Sekprov Hj Meiliana menanam pohon Mahoni serta Danrem Irham Waroihan menanam pohon jenis Matoa. Gubernur menegaskan perlunya masyarakat Kaltim menanam pohon-pohon khas daerah sebagai upaya melestarikan potensi kekayaan alam lokal.

“Saat ini saya menanam pohon Ulin yang merupakan  tumbuhan khas kita dan  masyarakat perlu melestarikan pohon-pohon khas Kalimantan khususnya pohon khas Kaltim,” katanya, Selasa (15/5).

Apalagi lanjutnya, masa kejayaan hutan Kaltim di era 70an telah berakhir dimana pohon-pohon khas Kaltim sebagian besar dibabat hingga saat ini semakin sulit ditemui.

Padahal, jenis-jenis pohon khas Kalimantan ini selain penting dan sangat strategis dalam mempertahankan kondisi udara dan alam juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Mari melalui gerakan bersama ini kita lestarikan potensi yang dimiliki khususnya pohon-pohon khas Kaltim untuk pelestarian lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Sebab pohon-pohon khas kita memiliki nilai tinggi sebagai komoditi ekspor,” ungkap Awang.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Kaltim H Wahyu Widhi Heranata menyebutkan penanaman bersama untuk 4.032 pohon dilakukan pada lahan bandara seluas lima hektar. “Usai penanaman hari ini, kami berharap secara bergiliran OPD melakukan treatmen (pemeliharaan) terhadap tanaman sebab unsur hara di kawasan ini sangat rendah, sehingga memerlukan pemeliharaan secara rutin agar tetap hidup,” ujar Wahyu Widhi.

Pohon yang ditanam terdiri pohon Ulin lima batang dan Matoa tiga batang, Gaharu tujuh batang, Mahoni 12 batang, Ketapang Kencana 500 batang, Tanjung 1.305 batang, Trembesi 1.200 batang serta Karet 1.000 batang. (yans/sul/humasprov)

About admin

Check Also

Soft Opening Segmen I Seksi I Jalan Tol dan Wika Run 10K, Gubernur : Catat, Tol Itu untuk Rakyat

BALIKPAPAN – Jalur mulus jalan tol, ternyata bukan isapan jempol. Soft opening jalur mulus jalan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: