RILIS.ID, Jakarta— Perwakilan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi kantor BB Biogen pada Kamis (5/7/2018).

Kunjungan ini merupakan langkah awal dalam menjalin kerja sama antara Balitbangda Kaltim, Balitbangtan serta Universitas Mulawarman Samarinda, untuk mengelola serta mengembangkan sumber daya genetik (SDG) di Kaltim.

Bentuk kerja sama yang akan dibuat berupa program pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan penelitian untuk desertasi dan tesis, serta membuka peluang bagi mahasiswa untuk magang di Balitbangtan. Bahan penelitian adalah SDG Kaltim yang ingin diperbaiki misalnya Jeruk Borneo Prima dibuat seedless, padi Ciherang yang sangat populer diberi rasa unggul dari padi lokal Kaltim Mayas dsb.Menurut staf Bidang SDA dan Lingkungan Hidup Balitbangda Kaltim, Ir Ernayati, kerja sama tersebut merupakan peluang yang sangat bagus untuk pengelolaan dan pengembangan SDG di daerahnya agar memberikan manfaat ekonomi.“Potensi SDG kami sangat besar tapi sumber daya manusia dan fasilitas riset yanng terbatas. Jika ada SDM yang kelola maka dipastikan SDG di sana juga akan berkembang,” ujar Ernayati.Kepala BB Biogen, Mastur PhD menyambut baik rencana kerja sama tersebut dan berharap agar nota kesepahaman atau MoU antara BB Biogen, Balitbangda Kaltim dan Universitas Mulawarman segera dibuat.Mastur juga menyebutkan, lembaga yang dipimpinnya sangat terbuka bagi mahasiswa S2 dan S3 perguruan tinggi yang ingin melakukan penelitian serta mahasiswa S1 yang sekadar ingin magang.“Bioteknologi itu tidak cukup dari buku saja dan memang harus praktik. Untuk itu kami membuka pintu bagi siapa pun yang ingin belajar dan mengembangkan diri di sini,” ujar Mastur.Pada kesempatan ini, Mastur juga menyampaikan beberapa produk unggulan BB Biogen seperti jeruk tanpa biji, padi dengan produktivitas tinggi dan aromatik, kedelai berbiji besar produkti tinggi, sorgum manis, dan beberapa varietas unggul lainnya.

Sumber: Andika Bakti/Mastur, PhD/Balitbangtan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here