Gubernur Awang Faroek Ishak, Forkopimda dan Jajaran Pemprov Kaltim usai peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI 1945 di Stadion Madya Sempaja Samarinda. (yuvita/humasprov)

SAMARINDA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia haruslah menjadi motivasi bagi segenap anak bangsa untuk terus bekerja keras demi prestasi bangsa. Harapan itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai memimpin upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI 1945 di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Jumat (17/8).

Menurut dia, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan hingga Indonesia meraih kemerdekaan harus memberikan makna besar bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. “Kemerdekaan ini harus kita manfaat untuk mewujudkan cita-cita pejuang mencapai masa depan lebih baik untuk kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Kaltim sendiri lanjutnya, sudah banyak capaian pembangunan diwujudkan khususnya kebutuhan dasar bagi rakyat baik peningkatan SDM, pertanian dalam arti luas dan infrastruktur. Walaupun diakuinya pembangunan itu masih belum sempurna namun sudah banyak bisa dinikmati masyarakat dan harus terus diperbaiki serta disempurnakan dan berkelanjutan.

Terpenting ujarnya, guna mewujudkan hal itu, maka semua pihak harus saling mendukung dan bahu-membahu menyumbangkan potensi diri untuk kemajuan Benua Etam. “Sama saat perjuangan tidak membedakan usia, agama dan suku tapi bagaimana bersama-sama berjuang demi kemerdekaan. Nah sekarang, mari bersama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan membangun bangsa dan manusianya,” harap Awang.

Upacara Detik-Detik Proklamasi diawali dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI yang dibacakan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dilanjutkan penaikan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih. Upacara diikuti ratusan peserta apel terdiri kesatuan TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, ASN, pelajar dan mahasiswa.

Hadir jajaran Forkopimda Kaltim terdiri Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, Kajati Kaltim Eli Shahputra, Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana dan Walikota Samarinda H Syaharie Ja’ang.

Mantan Wagub Kaltim H Farid Wadjdy dan Kasrem 091 ASN Kolonel TNI Ruslan Efendi, para asisten. Staf/Tenaga Ahli Gubernur, para pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda, camat serta lurah. Hadir pula para pimpinan instansi vertikal/kementerian lembaga dan pimpinan perbankan, swasta, BUMN/BUMD, pimpinan ormas, legiun veteran, tokoh masyarakat, pemuda dan pemuka agama di Kaltim. (yans/sul/ri/humasprovkaltim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here