Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto pada Rakor Forkopimda 2018. (syaiful/humasprov kaltim)

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan sinergitas yang terbangun antara pemerintah daerah dengan TNI dan Polri khususnya Kodam VI Mulawarman dan Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim sudah terbangun dengan baik dan berkelanjutan. Hal itu ditegaskan gubernur saat memimpin Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltim di Plenary Hall Sempaja Convention Hall Samarinda, Senin (17/9).

Menurut dia, sinergitas yang kuat antara tiga pilar (pemeriantah, TNI dan Polri) telah terbangun kuat dibuktikan dengan tetap stabil dan terpeliharanya kondusifitas daerah dan Kamtibmas Kaltim selama ini termasuk masa-masa memasuki tahapan hingga pasca pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Juni lalu.

Dimana, Kaltim melaksanakan dua agenda yakni pemilihan gubernur/wakil gubernur Kaltim serta pemilihan bupati/wakil bupati Penajam Paser Utara (PPU). “Sinergitas yang kuat dan tangguh yang kita bangun selama ini demi tegaknya kedaulatan NKRI,” katanya.

Awang berharap di tahun-tahun politik saat sekarang ini khususnya menjelang Pilpres dan Pileg (DPRD, DPR-RI/DPD-RI) maka stabilitas tetap harus terjaga dan semua pihak harus lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi maupun kelompok.

Diungkapkannya, tahapan pemilu 2019 sudah dimulai sejak minggu ketiga September 2018 hingga pertengahan April 2019. Awang mengajak seluruh komponen dan elemen masyarakat Kaltim untuk bersama-sama tiga pilar Kamtibmas untuk mengidentifikasi dan melakukan deteksi dini terhadap kerawanan konflik di masyarakat agar Benua Etam terhindar dari bencana sosial. “Target kita Pilpres dan Pileg 2019 sukses serta berjalan lancar tanpa kendala dan permasalahan. Inilah pentingnya sinergitas Kamtibmas kita bangun,” ungkapnya.

Rakor dihadiri Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Polisi Priyo Widyanto, Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana dan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun serta bupati/walikota se-Kaltim dan pimpinan instansi vertikal.

Kegiatan tiga pilar Kamtibmas bertema “Tingkatkan Sinergitas Pemerintah Daerah, TNI dan Polri dalam rangka menghadapi Pemilu Serentak 2019” diikuti ribuan peserta terdiri Forkopimda kabupaten/kota serta camat/lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas se-Kaltim.

Tampak hadir para asisten dan Sekda serta Kepala Badan Kesbangpol kabupaten/kota dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim. Kapolres/kapolsek serta Dandim/Danramil se-Kaltim. (yans/sul/humasprov kaltim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here