BALIKPAPAN menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) Kelitbangan se-Kaltim yang berlangsung di Ball-room Hotel Menara Bahtera, Kamis (8/11). Rakorda tersebut dibuka denga resmi Gubernur Kaltim yang diwakili H. M. Yadi Robyan Noor, SE, MTP selaku staf ahli gubernur Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuanga Daerah. Menusung tema Penguatan Peran dan Fungsi Balitbangda dalam Mendukung Kalimantan Timur yang Berdaulat.

Kepala Balitbangda Kaltim H. Edy Kuswady, SE, MM menjelaskan, rakorda dilaksanakan guna memperkuat peran dan fungsi kelembagaan Balitbangda. Yaitu dengan mewujudkan optimalisasi hasil serta sinkronisasi program bidang Kelitbangan pada masing-masing Kabupaten/Kota, dalam bidang riset serta inovasi lainnya, ungkap dia ditemui disela acara.

Untuk diketahui, dalam rakorda ini, beberapa narasumber dihadirkan. Diantaranya, Kepala Pusat Pembangunan dan Keuangan Daerah Badan Litbang Kemendagri RI. Serta, Drs. Horas Mauritz Panjaitan, M.Ec, Dev yang mengulas Penguatan Lembaga Balitbangda dalam Mendukung Kaltim yang Berdaulat (Perencanaan Program dan Anggaran, dan Jejaring Kerja). Selain itu ada Kepala PKP2A III LAN Samarinda DR. Mariman Darto, SE, MSi yang membahas tentang Penguatan Sumber Daya Litbang yang Mendukung Kaltim yang Berdaulat (SDM dan Sapras).

Sementara itu, Yadi Robyan Noor yang mewakili Gubernur Kaltim menyampaikan, Balitbangda mempunya peran dan fungsi yang strategis. Balitbangda secara fungsi kelembagaan dapat digunakan untuk mendukung rencana pembangunan yang berbasis pengetahuan. Sehingga dalam menjalankan urusan Kelitbangan, perlu dilaksanakan secara kerjasama dalam pembinaan dan pendanaan yang sesuai dengan tingkatan, Melalui Rakorda, pemerintah sangat berharap dapat meningkatkan eksistensi dan fungsi penelitian dan pengembangan khususnya di Kaltim, untuk mendukung Kaltim yang berdaulat dan memajukan masyarakat sesuai visi dan misi pemerintah daerah, tutupnya. (*/deo/dns/k8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here