Denpasar – Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. memberikan sambutan pada kegiatan Bimbingan Teknis Survei Data Iptek Lembaga Litbang Pemerintah Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (PUSDATIN) Kemenristekdikti yang diselenggarakan di Ruang Khrisna, Kantor LLDIKTI Wilayah VIII pada hari Kamis, 1 Agustus 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Badan Litbang dari beberapa provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya Prof. Dasi menyinggung bahwa negara maju memiliki manajemen penduduk dan transportasinya baik karena didukung dari sumber data lengkap dan survei yang benar, hal ini tidak lepas dari peran serta Badan Litbang yang ada. Data yang benar adalah sumber informasi, informasi yang benar awal dari menghidupkan kepada peradaban dunia.

Beliau menyampaikan “Negara maju dapat menjadi hebat karena didukung dari risetnya. Kekurangan kita adalah data-data yang kita miliki tidak terbarukan (up to date). Karena lemahnya recording dan reporting data ada kalanya menyebabkan pengambilan keputusan keliru. Agar dapat melakukan pengambilan keputusan yang tepat, basis datanya harus akurat. Oleh karena itu kehadiran Bapak dan Ibu sekalian dalam kegiatan Bimtek Survei ini menjadi sangat penting dan strategik sebagai upaya kita untuk membenahi data dan hasil-hasil yang akan diperoleh, untuk kemajuan bangsa. Tidak ada bangsa yang dapat maju dan besar tanpa melakukan riset”. ( DEWI ROZUNA/ristekdikti )