AREA INOVASI DAN PENELITIAN, GUBERNUR GROUNDBREAKING MOUNTAIN OF ISRAN
AREA INOVASI DAN PENELITIAN, GUBERNUR GROUNDBREAKING MOUNTAIN OF ISRAN


SAMARINDA - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim menggagas inovasi baru dalam mendukung riset dan penelitian di Benua Etam. Inovasi diwujudkan dalam wadah yang disebut The Mountain of ISRAN (Innovation Science and Research Area Network). Groundbreaking area inovatif ini dilakukan langsung oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, Rabu (14/7/2021).

Gubernur sangat mendukung ide brilian ini. Bahkan tanpa ragu dia menyebut dukungan itu tanpa batas moral. “We are supporting you unlimited morality atau kami berusaha mendukung dengan tidak terbatasnya moral. Apa saja ide atau inovasi yang diusulkan seluruh OPD, tak terkecuali Balitbangda, kami akan dukung,” sebut Isran Noor.

Mountain of ISRAN berada di kawasan Kantor Balitbangda dan Bawaslu Kaltim. Isran menyarankan, lokasi tersebut dapat memelihara sejumlah jenis hewan. Bahkan dengan sedikit bercanda Isran minta masyarakat untuk tidak memukul nyamuk dan  agas (binatang kecil sejenis nyamuk).

Alasan Isran,  hewan-hewan tersebut juga ingin  hidup. Artinya, tidak hanya wabah virus yang melanda negeri ini yang ingin hidup, tapi hewan sejenis nyamuk juga ingin hidup di alam bebas. “Jika ada ide-ide silakan sampaikan. Apalagi, program inovasi ini adalah respon bahwa Provinsi Kaltim masuk dalam 31 dunia inovasi se-Indonesia,” bangga Isran.

Menurut Isran, setiap riset maupun penelitian harus diketahui secara kualitatif dan kuantitatif.  Sehingga apa saja yang dikembangan atau diteliti bermanfaat bagi masyarakat. Untuk mendukung inovasi ini, Balitbangda Kaltim bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi, antara lain UMKT, IAIN dan STIMIK Wicida. 

Mountain of ISRAN juga mendapat dukungan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani. (jay/sul/humasprovkaltim)

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2021