KUNJUNGI BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA KALTIM, BALITBANGDA PROV. KALTIM KOORDINASI TENTANG KAJIAN PELESTARIAN SITUS BUDAYA KALTIM
KUNJUNGI BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA KALTIM, BALITBANGDA PROV. KALTIM KOORDINASI TENTANG KAJIAN PELESTARIAN SITUS BUDAYA KALTIM


Samarinda- Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur (26/1/22). Kunjungan ini dalam rangka koordinasi awal penelitian tentang kajian pelestarian situs budaya di Kalimantan Timur.

Budi Istiawan, Pamong Budaya Ahli Muda di Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur yang menerima kunjungan Balitbangda Prov. Kaltim mengatakan pihaknya menyarankan penelitian yang sesuai dengan fungsi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur yakni penelitian sejarah yang mencakup hampir seluruh wilayah di Provinsi Kalimantan Timur.

"Contoh misalnya dari sisi masa pra-sejarah itu ada sangkulirang mangkalihat yang kemudian ditindak lanjuti ke Mahakam Ulu yang mana disitu ada peninggalan-peninggalan yang berupa beliung yang berasal dari sekitar 3000 atau 4000 Sebelum Masehi, atau peninggalan dari sisi masa sejarah yakni peninggalan Muara Kaman kemudian lanjut ke Kota Bangun  dan juga di Kombeng," papar Budi.

Dari hasil koordinasi tersebut, Balitbangda Prov. Kaltim akan mengkaji masukan-masukan dari BPCB Kalimantan Timur dan juga penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh Balitbangda Kukar maupun individu atau lembaga lainnya yang berkaitan dengan pelestarian cagar budaya di Kalimantan Timur. Selanjutnya Balitbangda Prov. Kaltim akan membuat resume singkat untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan penelitian di tahun 2022. (RM)

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022