//
  • 0541-201446 Fax. 0541-746797, 732286
  • humas@litbang.kaltimprov.go.id
  • 425 Street Name, UK, London
  • (123) 456-7890

You Are Here

Sosialisasi Pengembangan PUI

Keterangan Gambar : ///FOTO : Ir. Kemal Prihatman, M.Eng, selaku Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti sedang memaparkan materi Sosialisasi PUI.(dok/sdatekbalitbangdakaltim)

SAMARINDA- Mendukung pengembangan sumber daya daerah perlu adanya dukungan peran serta dari perguruan tinggi, khususnya melalui informasi penelitian maupun kajian yang bersumber dari ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) dari masing-masing perguruan tinggi.

Hal ini diperlukan, karena setiap daerah memiliki potensi unggulan sumber daya yang mampu memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat. Karena itu, ke depan perlu adanya pusat unggulan iptek (PUI) di Kaltim, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan, sumber daya dan jaringan iptek dari lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dalam bidang prioritas.

“Ini semua diperlukan, sehingga terjadinya peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sektor produksi untuk menumbuhkan perekonomian, yang pada gilirannya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim Dwi Nugroho Hidayanto saat membuka sosialisasi pengembangan PUI di Kaltim, di Rektorat Unmul, Senin (29/8).

Kaltim memiliki SDA yang besar dan jika tidak dibarengi dengan adanya PUI tentu akan sangat membantu pemerintah dalam menentukan kebijakan. Namun demikian, pembentukan PUI tentu tidak mudah, karena ada berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Mendukung pembentukan PUI Kaltim, Kementerian Riset dan Teknologi Dikti (Kemenristekdikti) membantu daerah yang ingin membentuk PUI melalui veledasi pendampingan PUI.

“Untuk di Indonesia, ada 45 lembaga PUI yang telah terbentuk. Karena itu, dengan adanya potensi yang dimiliki Kaltim, diharapkan pusat unggulan iptek dapat terbentuk di daerah ini. Bahkan Kaltim layak untuk menjadi pusat unggulan tersebut,” jelasnya.

Sosialisasi tersebut menghadirkan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti Kemal Prihatman.(jay/humasprov)

Sumber : http://www.kaltimprov.go.id/berita-sosialisasi-pengembangan-pui.html

TAGS CLOUD

-->//