Survey Balitbangda Prov. Kaltim

Untuk meningkatkan pelayanan dalam segala bidang, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur memerlukan masukan dari masyarakat khususnya pengunjung website ini. Untuk itu kami mengadakan survey melalui media online ini guna meningkatkan Kinerja khususnya dalam pelayanan Informasi melalui website kami ini. Dibawah ini survey yang kami selenggarakan, kami harap partisipasi anda untuk dapat mengisi survey kami agar pelayanan kami dan website ini terus meningkat.

Beranda » Berita » Kaltim Contoh Terbaik

Banner

Kaltim Contoh Terbaik

23 Oktober 2012 | Administrator

Pencanangan ZI Menuju WBK

SAMARINDA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) Azwar Abubakar memberi pujian terhadap kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak, khususnya dalam kampanye dan gerakan melawan korupsi di Kaltim. Kaltim menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mampu melakukan pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI menuju WBK) secara bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah. Langkah ini menurut MenPAN patut menjadi contoh terbaik bagi provinsi lain di Indonesia.
"Belum pernah ada pencanangan yang dilakukan seperti yang dilakukan hari ini. Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, instansi vertikal di daerah, legeslatif dan yudikatif, TNI dan Polri, bahkan BUMN melakukan komitmen yang sama untuk pencanangan ini. Leadership Pak Gubernur ini sangat luar biasa," puji MenPAN.
Tekad bersama ini patut mendapatkan apresiasi dan dukungan seluruh masyarakat Kaltim. Pasalnya menurut Azwar, komitmen kuat yang dibangun Gubernur Awang Faroek dengan mengajak seluruh pemangku kepentingan di daerah untuk pemberantasan dan pencegahan korupsi ini, sudah sangat tepat.
MenPAN mengibaratkan, gerakan pemberantasan dan pencegahan korupsi itu seperti membersihkan rumah yang terdiri dari beberapa bagian. Upaya bersih-bersih itu memang seharusnya dilakukan secara bersama di semua bagian. Jika tidak, maka bagian yang bersih pun akan menjadi kotor kembali ketika melintasi bagian lain yang masih penuh dengan kotoran dan debu.
"Bagian yang sudah dipel (dibersihkan), akan kembali kotor jika kita melalui ruang-ruang yang belum dibersihkan. Sebab itu, jika Kaltim ingin bersih dari korupsi, maka harus dilakukan secara bersama-sama. Inisiatif Pak Gubernur ini luar biasa," puji MenPAN lagi.
Namun dia mengingatkan, bahwa pencananganan ZI menuju WBK ini adalah satu bentuk janji. Janji adalah hutang yang harus kita penuhi. Pencananganan ZI harus mampu menciptakan bangunan pemerintahan yang bersih dari korupsi, kompeten, melayani masyarakat dan dunia usaha. ZI juga harus mampu memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik.
"Meraih sukses dari komitmen ini memang tidak ringan. Perlu kesabaran untuk mendaki sisi yang terjal dan licin. Saya tegaskan, ini perjuangan mulia bukan seremonial belaka. Dua hasil yang akan kita dapat jika ini berhasil kita lakukan adalah pertama, masyarakat sejahtera dan kedua kita akan masuk surga," bahasa MenPAN, kembali mengirimkan petuahnya.
MenPAN juga menjelaskan memang tidak serta merta dengan pencanangan ini Kaltim kemudian langsung dinyatakan sebagai wilayah bebas korupsi. Kementerian PAN secara rutin akan melakukan monitoring dan penilaian tentang kriteria penilaian ZI menuju WBK. Dalam enam bulan ke depan, penilaian diperkirakan sudah akan diberikan untuk Kaltim. Sebab itu ia berharap agar pencanangan ini mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat Kaltim.
Gubernur Awang Faroek sebelumnya menegaskan bahwa pada prinsipnya Kaltim siap mewujudkan ZI menuju WBK ini. Selain keberhasilan dan berbagai perubahan positif dalam manajemen kepemerintahan di lingkungan Pemprov Kaltim dengan sejumlah pengakuan diantaranya terbaik nasional dalam Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan pencapaian opini BPK dalam pengelolaan keuangan Wajar Dengan Pengecualian (WDP), 11 kabupaten/kota pun kini sukses meraih WDP.
"Kami berharap upaya yang kami lakukan dapat terwujud dengan baik. Korupsi hanya bisa kita hadapi dengan kebersamaan kita. Pada prinsipnya kami siap dan anda bisa lihat, semua elemen hadir hari ini di sini untuk melakukan penandatanganan komitmen ini," tegas Awang.
Penandatanganan ZI menuju WBK juga dihadiri Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindrawardana, Irjen Kemendagri Maliki Heru Santoso, Wagub Farid Wadjdy, Sekprov Irianto Lambrie, Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisyal, Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim M Salim, pimpinan instansi vertikal dan hampir seluruh bupati/walikota se-Kaltim. Mereka semua membubuhkan tanda tangan untuk mendukung pencanangan ZI menuju WBK di Kaltim. (sul/HMSPROV)

Foto:
KOMITMEN KEPALA DAERAH. Gubernur Kaltim Dr H Awang Fareok Ishak bersama MenPAN dan RB Azwar Abubakar, Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindrawardana saling bertaut tangan dengan para Bupati/Walikota se-Kaltim seusai penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI menuju WBK). (syaful/humasprov kaltim)

SUMBER : HUMAS KALTIMPROV

Berita Lainnya

Video Litbang

Statistik Pengunjung



Aplikasi






Pengumuman

Selasa, 20 Mei 2014 - 09:33:22 WIB

Program Penelitian Terapan Bagi Dosen PTN/PTS tahun 2014

PENDAHULUAN Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai bagian dari triple heliks telah menyusun Rencana Pembangunan... Selengkapnya

Kamis, 27 Februari 2014 - 14:45:50 WIB

Rekapitulasi Penerimaan Penghargaan Penilaian SKPD Terbaik Di Lingkungan Pemprov. Kaltim untuk Tahun

Daftar Urutan Penerima Penghargaan SKPD Terbaik Tahun 2013 1. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Prov.... Selengkapnya

Artikel

Selasa, 05 Agustus 2014 - 11:54:23 WIB

Peneliti LIPI Temukan Spesies Baru Tikus Air di Sulawesi

Kerja sama penelitian antara ilmuwan Australia, Indonesia, dan Amerika serta penduduk lokal Kabupaten Mamasa, Sulawesi... Selengkapnya

Senin, 02 Juni 2014 - 08:53:41 WIB

4 Buah Ini Mampu Hindarkan Dehidrasi

Di suhu udara yang selalu panas seperti saat ini, tubuh Anda akan cenderung kehilangan banyak cairan tubuh atau... Selengkapnya

Komentar BukuTamu

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Jl. MT. Haryono No. 126 Tlpn. 0541-201446 Fax. 0541-746797, 732286 - Samarinda - Kalimantan Timur 75124
Website : http://litbang.kaltimprov.go.id E-Mail : humas@litbang.kaltimprov.go.id