Survey Balitbangda Prov. Kaltim

Untuk meningkatkan pelayanan dalam segala bidang, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur memerlukan masukan dari masyarakat khususnya pengunjung website ini. Untuk itu kami mengadakan survey melalui media online ini guna meningkatkan Kinerja khususnya dalam pelayanan Informasi melalui website kami ini. Dibawah ini survey yang kami selenggarakan, kami harap partisipasi anda untuk dapat mengisi survey kami agar pelayanan kami dan website ini terus meningkat.

Beranda » Berita » Kerjasama Litbangrap Kelautan Kemenristek dengan Kabupaten Penajam Paser Utara

Banner

Kerjasama Litbangrap Kelautan Kemenristek dengan Kabupaten Penajam Paser Utara

12 Juni 2013 | Administrator

Dalam rangka menindaklanjuti hasil kajian yang telah dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi beserta para pemangku kepentingan dari DEKIN (Dewan Kelautan Indonesia), LPNK Ristek (BPPT Baruna , LIPI- P2O dan Kementerian terkait (Kementerian ESDM, Kemenhub BMKG, Kementerian Kelautan dan Perikanan), tentang Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan (Puspiptekla), pada tanggal 10 Juni 2013 di Kabupaten Penajam dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama tentang  Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan antara Kementerian Riset dan Teknologi yang diiwakili oleh Sekretaris Mennegristek Hari Purwanto dan Kabupaten Penajam Paser Utara yang diwakili Wakil Bupati H. Mustaqim MZ, disaksikan oleh Mennegristek  Gusti Muhammad Hatta, Kepala Balitbangda Provinsi Kalimantan Timur, Hj. Halda Arsyad,  Asisten Deputi Produktivitas Riset Iptek Strategis Agus Puji Prasetyono, dan perwakilan dari Kementerian Riset dan Teknologi serta LPNK dan Dishidros.

Dalam kesempatan ini disepakati ruang lingkup kesepakatan sebagai berikut : (1) Penguatan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi, yang terdiri dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta informasi; (2) Penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan; (3) Pendayagunaan hasil-hasil penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan.

Kesepakatan ini merupakan salah satu tumpuan untuk meneruskan kegiatan kajian selanjutnya terkait dengan aspek lokasi/teknis, kelembagaan dan penyempurnaan masterplan. Puspiptekla yang bermula dari sekedar ide pembangunan pelabuhan sandar kapal–kapal riset nasional (kurang lebih 10 kapal riset yang dimilik oleh BPPT Baruna, LIPI, Kementerian ESDM dan KKP) menjadi fasilitas riset sebagaimana model di negara maritim yang sudah mapan.

Ide terus berkembang menjadi kawasan Indonesian Marine Science and Technology Park (IMSTeP) yang memungkinkan tumbuhnya industri kelautan dengan fasilitas labuh/sandar untuk semua kapal riset milik instansi pemerintah. Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai adalah: (1) Terselenggaranya operasional pangkalan kapal-kapal riset dengan kualitas yang meningkat; (2)Terselenggaranya administrasi dan manajemen iptek kelautan yang maju; (3) Meningkatnya kegiatan litbang & rekayasa kelautan nasional yang menghasilkan temuan ilmiah, pemahaman ilmiah dan invensi yang berkualias dunia; (4) serta perluasan difusi, diseminasi serta inovasi iptek kelautan untuk pengelolaan kelautan yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut Mennegristek Gusti Muhammad Hatta dan Rombongan yang terdiri dari Sesmenegristek, Staf Khusus Mennegristek, Asisten Deputi Produktivitas Riptek strategis, Deputi TPSA BPPT, serta Perwakilan dari Lapan dan Dishidros mengucapkan terimakasih atas sambutan positif dari Bapak Gubernur dan Bapak Bupati yang menyambut baik rencana kerjasama penelitian, pengembangan dan penerapan Iptek di Bidang Kelautan.  Selanjutnya akan dilakukan koordinasi intensif dengan kementerian dan lembaga terkait seperti Ditjenhubla Kemenhub, kementerian ESDM dan KKP.

Berita Lainnya

Video Litbang

Statistik Pengunjung



Aplikasi




Interaksi



Pengumuman

Selasa, 20 Mei 2014 - 09:33:22 WIB

Program Penelitian Terapan Bagi Dosen PTN/PTS tahun 2014

PENDAHULUAN Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai bagian dari triple heliks telah menyusun Rencana Pembangunan... Selengkapnya

Kamis, 27 Februari 2014 - 14:45:50 WIB

Rekapitulasi Penerimaan Penghargaan Penilaian SKPD Terbaik Di Lingkungan Pemprov. Kaltim untuk Tahun

Daftar Urutan Penerima Penghargaan SKPD Terbaik Tahun 2013 1. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Prov.... Selengkapnya

Artikel

Selasa, 05 Agustus 2014 - 11:54:23 WIB

Peneliti LIPI Temukan Spesies Baru Tikus Air di Sulawesi

Kerja sama penelitian antara ilmuwan Australia, Indonesia, dan Amerika serta penduduk lokal Kabupaten Mamasa, Sulawesi... Selengkapnya

Senin, 02 Juni 2014 - 08:53:41 WIB

4 Buah Ini Mampu Hindarkan Dehidrasi

Di suhu udara yang selalu panas seperti saat ini, tubuh Anda akan cenderung kehilangan banyak cairan tubuh atau... Selengkapnya

Komentar BukuTamu

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Jl. MT. Haryono No. 126 Tlpn. 0541-201446 Fax. 0541-746797, 732286 - Samarinda - Kalimantan Timur 75124
Website : http://litbang.kaltimprov.go.id E-Mail : humas@litbang.kaltimprov.go.id