//
  • 0541-201446 Fax. 0541-746797, 732286
  • humas@litbang.kaltimprov.go.id
  • 425 Street Name, UK, London
  • (123) 456-7890

You Are Here

Program 100 Hari Menkominfo Tifatul

Belum juga resmi diumumkan masuk jajaran kabinet, sejumlah calon menteri sudah berani membeberkan programnya. Salah satunya, Tifatul Sembiring. Tifatul disebut-sebut sebagai calon kuat Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informasi).

Apa saja program Tifatul? "100 Hari pertama? Kita targetkan sampai 2014 itu ada 10 ribu desa komputer. Presiden menargetkan tiga bulan ini ada 100 desa komputer harus tercapai," kata Tifatul di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Selasa 20 Oktober 2009.

Komputer-komputer ini, kata dia, bisa dimasukkan ke lembaga pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia. Bagaimana SDM Indonesia bisa masuk ke bisnis supaya Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain. Selain itu juga untuk meningkatkan e-goverment untuk meminimalisir korupsi, kolusi, kolusi dan nepotisme.

Dengan e-goverment, kata dia, maka nantinya semua urusan menjadi less paper. Artinya pegawai di tingkat pemda dan kecamatan, tidak lagi menerima uang tunai. "Tapi cukup menerima resi, sehingga sogok menyogok bisa diminimalisir," kata dia.

Tifatul sendiri mengaku tidak begitu asing dengan dunia Kominfo karena latar belakang pendidikannya cukup mendukung. Gelar sarjana strata satunya di bidang Informatika dan Komunikasi. Ia juga mengaju pernah bekerja selama delapan tahun di sistem informatika dan komunikasi PT Perusahaan Listrik Negara.

Sementara strata duanya di bidang politik internasional di Islamabad, Pakistan. "Itu saja sih, pinter ya belum, diupayakan sesuai," kata dia.

Namun ia berharap bisa menembus tantangan Kominfo ke depan, yakni perbedaan kemudahan akses di kota besar dan desa. Selain itu juga soal infrastruktur yang masih lemah. Masalah lain, kurangnya tayangan edukatif di bidang informasi. "Dalam satu riset dikatakan 10 dari 75 tayangan di TV, radio masih bermasalah," kata dia.

Dia menambahkan, pelayanan informasi di Indonesia juga masih lemah. Karena itu ia akan mengusahakan peningkatan layanan informasi ini. (Sumber: vivanews.com)

TAGS CLOUD

-->//