Kaltim Terus Berupaya Siapkan SDM Terampil dan Kompeten

By admin 02 Mei 2015, 10:12:45 WIB Berita
Kaltim Terus Berupaya Siapkan SDM Terampil dan Kompeten

Kaltim Terus Berupaya Siapkan SDM Terampil dan Kompeten

 

SAMARINDA – Pemprov Kaltim terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang memiliki keterampilan atau keahlian serta memiliki kompetensi yang berdaya saing tinggi. Melalui peningkatan SDM terampil dan kompeten (memiliki kemampuan) pada suatu bidang ilmu, sesuai kebutuhan pasar global ketenagakerjaan.

Harapan itu tertuang dalam sambutan tertulis Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak  yang disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Dwi Nugoro Hidayanto pada Workshop General Lecture 2015 di Samarinda, Kamis (30/4).

“Tenaga kerja kita masih banyak kekurangan ketika memasuki dunia kerja karena tidak terampil dan kompeten. Sebab, siswa didik terlalu berorientasi pada teori bukan praktek lapangan,”katanya.

Dalam era MEA yang berlaku pada akhir 2015 menurut Gubernur, akan memacu kuatnya aliran arus barang, jasa dan investasi termasuk tenaga kerja terampil dan berkemampuan khusus. Era ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi tenaga kerja lokal.

Dalam laporan pembangunan manusia 2014 yang dirilis United Nation Development Program (UNDP) menyebutkan Indonesia berada di posisi kelima setelah negara Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan  Thailand.

Sementara hasil kajian yang disampaikan Sekretariat ASEAN menyatakan negara paling siap menghadapi dan melaksanakan MEA adalah Thailand.  Perdagangan regional ASEAN belum optimal dimana total ekspor Indonesia berada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand.

Kondisi ini terjadi, lanjut Gubernur karena  masalah kelembagaan, sistem pengelolaan, insentif dan  kualitas SDM yang dimiliki. Agar Indonesia khususnya Kaltim dapat ikut bersaing, diperlukan dukungan semua pihak seperti swasta dan dunia pendidikan.

“Peningkatan daya saing Kaltim tidak terlepas dari peran serta seluruh pihak terkait diantaranya swasta dan dunia pendidikan khususnya pendidikan lanjutan hingga perguruan tinggi,” harap Gubernur.(yans/sul/es/hmsprov)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment