Kepala Balitbangda mewakili Gubernur Kalimantan Timur menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS

By admin 20 Jul 2017, 07:35:28 WIB Berita
Kepala Balitbangda mewakili Gubernur Kalimantan Timur menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Timur, Prof. Dr. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd. mewakili Gubernur Kalimantan Timur didampingi Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan, Ir. Noor Albarakati, MT. menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Kemaritiman Tahun 2017 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumberdaya RI. Rapat yang digelar di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini dihadiri para menteri Kabinet Kerja dan para Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia.

Rakornas Kemaritiman dibuka oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah selama ini terus melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia di sektor maritim. Selain itu, pemerintah juga selalu mencari cara untuk membangkitkan kembali potensi kelautan Indonesia. 

"Pemerintah terus melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan kita dengan negara lain, dan untuk membangkitkan potensi kelautan kita agar manfaat bisa dirasakan sebesar-besarnya oleh rakyat kita," katanya di Gedung Sasana Kriya TMII, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumberdaya RI Luhut Binsar Panjaitan mengemukakan bahwa Rakornas ini mengambil tema "Poros Maritim Dunia: dari Sumpah Palapa sampai Nawacita. Menurutnya, perjalanan sejarah kemaritiman Indoensia sejak Sumpah Palapa 1336 sampai dengan Nawacita Poros Maritim 2014.

Lebih lanjut Menko Maritim dan Sumberdaya RI, Luhut Binsar Panjaitan dalam laporannya mengatakan pemerintah telah menjalankan berbagai program untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, antara lain penurunan dwelling time dan biaya logistik di pelabuhan, program tata kelola insdustri pariwisata, nilai tambah pemanfaatan sumberdaya alam, infrastruktur konektivitas dan industri energi dan pertambangan  serta kerjasama internasional.

Turut memberikan paparan pada Rakornas Kemaritiman 2017 adalah Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Perhubungan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pariwisata, Deputi I Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim,  Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim.

Rakornas Kemaritiman bertujuan untuk menyinergikan gerak dan langkah seluruh pemangku kepentingan dalam mencapai cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sehingga perlu adanya  penyamaan visi antara pemerintah pusat dan daerah dalam merumuskan program kerja dan kebijakan di bidang kemaritiman.

Sejalan hal tersebut, Provinsi Kalimantan Timur melalui Balitbangda Prov. Kaltim telah menggagas kegiatan kemaritiman melalui kegiatan Pengembangan Kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II) sejak tahun 2004. Kedepan diharapkan terwujud koordinasi, integrasi dan sinkroniasai program kemaritiman antar Pemerintah Pusat dan Pemprov. Kaltim. (@bie/Sospem)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment