KEPALA BALITBANGDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TERIMA KUNJUNGAN ANGGOTA DPD RI RI KALTIM-KALTARA
Kepala Balitbangda Prov. Kaltim mengharapkan kepada Anggota DPD RI Kaltim-Kaltara agar dapat menyuarakan keinginan Pemerintah Provinsi Kalimantan TImur dalam rangka pengembangan energi baru terbarukan

By admin 01 Agu 2017, 14:45:30 WIB Berita
KEPALA BALITBANGDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR  TERIMA KUNJUNGAN ANGGOTA DPD RI RI KALTIM-KALTARA

Kepala Balitbangda Prov. Kaltim Prof. DR. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd yang didampingi oleh Sekretaris Balitbangda Prov. Kaltim, Kabid Inovasi dan Teknologi, Kabid Ekonomi dan Pembangunan, Kepala UPTB BPMSK, Kasubbid Ekonomi, dan Kasubbid Penyelenggaraan Pemerintah dan Pengkajian Peraturan menerima kunjungan kerja Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Bapak Aji Muhammad Mirza Wardana, ST dalam rangka Reses dan Silaturahmi Anggota DPD RI terkait dengan Program Energi baru Tebarukan dan Perencanaan UU Geologi dan BUMN, pada hari senin 31 Juli 2017 di ruang rapat Kantor Balitbangda Prov. Kaltim Jl. MT Haryono Samarinda.

Dalam sambutannya Kepala Balitbangda Prov. Kaltim mengharapkan kepada Anggota DPD RI Kaltim-Kaltara agar dapat menyuarakan keinginan Pemerintah Provinsi Kalimantan TImur dalam rangka pengembangan energi baru terbarukan terkait rencana Kaltim untuk membangun BNI-STP (Buluminung Nuklir Industri – Sciense Techno Park) yang saat ini sudah selesai dilakukan kajian Pra Fisibility Study oleh BATAN dengan lokasi di Kawasan Industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara.

BNI-STP adalah suatu kawasan terpadu yang didalamnya terdapat berbagai fasilitas berbasis IPTEK Nuklir dalam satu tatanan yang saling bersinergi dan berfungsi sebagai Pusat Pendidikan , Pelatihan, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia berkompetensi Iptek Nuklir, Pusat Riset, Pengembangan, dan Inovasi Produk (Barang dan Jasa), berdasar standar mutu dan keselamatan yang tinggi, Pusat Aplikasi Iptek Nuklir di berbagai bidang (industry, kesehatan, pangan, energi, air, pertambangan, dan lingkungan) dalam rangka industrialisasi berwawasan lingkungan, pusat temu antara komunitas Iptek Nuklir.

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa saat ini Balitbangda juga berkeinginan untuk mengkaji Sumber Daya Genetik (SDG) kaltim sebagai upaya untuk memberi masukan formulasi baru dalam Dana Perimbangan Pusat dan Daerah, dimana jumlah penduduk dan luas wilayah menjadi faktor pembaginya, sedangkan faktor kerusakan lingkungan dan kehilangan SDG tidak pernah menjadi perhatian.

Menanggapi hal tersebut, Aji Muhammad Mirza Wardana, ST mengatakan akan menampung seluruh masukan yang disampaikan dan akan memperjuangkan ke Pemerintah Pusat.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment