Pusat Sains Daerah

By admin 06 Nov 2017, 11:38:10 WIB Berita
Pusat Sains Daerah

Keterangan Gambar : Pemandu sedang menjelaskan cara kerja alat kepada pengunjung


SAMARINDA. Dalam rangka meningkatkan ketertarikan dan pemahaman masyarakat di Kalimantan Timur terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi,  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Prov. Kaltim bekerjasama dengan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melaksanakan inisiasi pendirian Pusat Sains Daerah Kalimantan Timur yang bertempat di Gedung Education Center Kalimantan Timur di Kota Samarinda.

Pusat Sains Daerah yang diresmikan Gubernur Kalimantan Timur pada Selasa (24/10) merupakan wahana sumber belajar iptek yang memberi pengalaman nyata kepada pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan sains dan teknologi melalui alat-alat peraga interaktif  hands-on dan minds-on. Melalui Pusat Sains Daerah pengunjung diajak memahami berbagai fenomena sains dan teknologi dengan pendekatan konsep yang mudah, sederhana dan menyenangkan (fun, simple and easy). Pusat Sains Daerah tidak hanya berfungsi sebagai wahana untuk mendapatkan pengetahuan, namun juga berperan dalam menstimulir pengunjung didalam mengembangkan nalar, berinovasi dan mengkonstruksi ide-ide baru. Pusat Sains Daerah Kalimantan Timur merupakan Pusat Sains Daerah ke-22 di Indonesia dan yang ke-4 di Kalimantan.

Untuk mengisi inisiasi Pendirian Pusat Sains Daerah Kalimantan Timur tersebut, dilaksanakan kegiatan Science For All pada tanggal 24-26 Oktober 2017. Kegiatan Science For All terdiri dari kegiatan Peragaan Iptek Keliling, Workshop Siswa SMA, Workshop Guru SMP dan Workshop Siswa SMP. Peragaan Iptek Keliling yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yang diisi dengan pameran 48 alat peraga sains interaktif yang dapat disentuh mainkan oleh seluruh kalangan masyarakat dari anak usia dini hingga dewasa. Sedangkan untuk kegiatan workshop dengan mengangkat tema Sains Nutrisi untuk siswa SMA, Pembelajaran Sains Interaktif untuk guru SMP dan workshop roket air untuk siswa SMP dilaksanakan masing-masing pada tanggal 24, 25 dan 26 Oktober. Dari 48 alat peraga yang ditampilkan pada Peragaan Iptek Keliling, terdapat 18 alat peraga iptek yang dihibahkan oleh PP-IPTEK Kemenristekdikti kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. (/zik)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment