Tim Kemenristekdikti Lakukan Monev Pelaksanaan Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD

By admin 03 Okt 2017, 12:15:01 WIB Berita
Tim Kemenristekdikti Lakukan Monev Pelaksanaan Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD

Balitbangda Prov. Kaltim melalui program kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD Provinsi Tahun 2017 yang dibiayai dalam bentuk insentif oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, melakukan Penerapan Hilirisasi Program Penguatan SIDa Melalui Pusat Diseminasi Inovasi Iptek Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini juga sebagai keberlanjutan dari konsep model Pusat Diseminasi Inovasi Iptek yang telah disusun pada tahun 2016.

Pusat Diseminasi Inovasi Iptek sendiri merupakan suatu wadah yang menghubungkan langsung antara pelaku litbang selaku penghasil invensi/inovasi dengan masyarakat atau dunia usaha dalam rangka pemenuhan kebutuhan serta implementasi teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Kalimantan Timur.

Bentuk implementasi yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari rencana aksi pembentukan Pusat Diseminasi dan Inovasi Iptek Balitbangda Prov. Kaltim yaitu melakukan identifikasi teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan inventarisasi inovasi teknologi yang ada di kabupaten/kota, melaksanakan FGD Inventarisasi Teknologi, membuat Buku saku, poster, banner, spanduk berisi informasi teknologi yang ada di Kalimantan Timur, membuat desain ruang dan tata kelola organisasi Pusat Diseminasi Inovasi Iptek serta Melakukan kegiatan untuk mempromosikan pelayanan di Pusat Diseminasi Inovasi Iptek .

Sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan tersebut, pada tanggal 27 September 2017, Tim Sekretariat Fasilitasi BPPD Kemenristekdikti yang diwakili oleh Ibu Rosmaniar Dini selaku Kepala Sub Direktorat Lembaga Litbang Daerah dan Ibu Dewi Yulianti selaku Kepala Seksi Wilayah I Litbang Daerah melakukan kegiatan  monitoring dan evaluasi untuk memantau kemajuan pelaksanaan fasilitasi yang dilakukan di Balitbangda Prov. Kaltim.

Dalam kegiatan monev tersebut, Kepala Balitbangda Prov. Kaltim, Prof. Dr. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd menyampaikan paparan kepada Tim Sekretariat Fasilitasi BPPD Kemenristekdikti terkait kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Balitbangda Prov. Kaltim serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan fasilitasi.

Dalam kesempatan tersebut  Ibu Rosmaniar Dini juga menyampaikan masukan-masukan serta tindak lanjut yang harus dilakukan oleh Balitbangda Prov. Kaltim agar Pusat Diseminasi Inovasi Iptek dapat menguatkan fungsi yang telah dimiliki oleh Balitbangda Prov. Kaltim. Masukan tersebut antara lain agar Balitbangda Prov. Kaltim lebih mengarahkan kegiatan Pusat Diseminasi Inovasi Iptek yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti pelatihan penggunaan alat teknologi. Selain itu, Pusat Diseminasi Inovasi Iptek juga diharapkan digunakan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Timur untuk mendiseminasikan hasil-hasil kelitbangannya kepada masyarakat. (zik)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment