Tingkatkan Kecerdasan Generasi Penerus

By admin 16 Mar 2015, 10:12:06 WIB Berita
Tingkatkan Kecerdasan Generasi Penerus

Tingkatkan Kecerdasan Generasi Penerus

 

SAMARINDA–Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak sangat mengapresiasi kegiatan asah terampil matematika (Astramatika) XXII yang digelar mahasiswa program studi Matematika Universitas Mulawarman (Unmul) Gunung Kelua Samarinda.

Lomba yang melibatkan peserta siswa sekolah dasar hingga pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kaltim ini menurut Gubernur merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan generasi penerus agar lebih berkualitas utamanya di bidang matematika.

“Lomba Astramatika ini merupakan salah satu peran mahasiswa dalam mendukung program pembangunan kualitas SDM di Kaltim khususnya dalam bidang matematika,” kata Kepala Balitbangda Kaltim Dwi Nugroho Hidayanto saat mewakili Gubernur Kaltim pada penutupan Astramatika XXII di Auditorium Unmul Samarinda, Sabtu (14/3).

Selain itu, Pemprov Kaltim melalui kebijakan Gubernur Awang Faroek Ishak telah memberikan bantuan biaya pendidikan dalam program Beasiswa Kaltim Cemerlang bagi pelajar hingga mahasiswa dari jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) hingga S3 (doktor).

“Kami sangat mendukung lomba Astramatika ini. Kedepan, para juara berhak menerima Beasiswa Kaltim Cemerlang yang telah kita bagikan sebanyak 150 ribu penerima pada lima tahun lalu dan meningkat 250 ribu lima tahun kedepan,”  ungkap Dwi Nugroho.

Sementara Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan La Hasan saat mewakili Rektor Unmul Samarinda menyebutkan peserta setiap tahunnya terus meningkat dan tahun ini diikuti 732 peserta dari sekolah di seluruh kabupaten dan kota se-Kaltim.

“Peserta lomba Astramatika ini merupakan perwakilan sekolah dari masing-masing kabupaten dan kota sesuai prestasinya baik untuk jenjang SD, SMP maupun SMA. Hingga tahun ke-22 penyelenggaraan ini peserta selalu meningkat,” kata La Hasan.

Lomba Astramatika XXII tahun ini keluar sebagai juara umum tingkat SD diraih SD YPPDP Kota Bontang dan tingkat SMP diperoleh SMP Negeri I Samarinda serta tingkat SMA direbut SMA Negeri 10 Samarinda. (yans/sul/hmsprov)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment