Survey Balitbangda Prov. Kaltim

Untuk meningkatkan pelayanan dalam segala bidang, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur memerlukan masukan dari masyarakat khususnya pengunjung website ini. Untuk itu kami mengadakan survey melalui media online ini guna meningkatkan Kinerja khususnya dalam pelayanan Informasi melalui website kami ini. Dibawah ini survey yang kami selenggarakan, kami harap partisipasi anda untuk dapat mengisi survey kami agar pelayanan kami dan website ini terus meningkat.

Banner

Abstraksi Hasil Penelitian

Hasil Penelitian » Indeks Kemiskinan Beberapa Kecamatan di Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, dan Kota Bontang

INDEKS KEMISKINAN BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN PASER, KUTAI KARTANEGARA, DAN KOTA BONTANG

No Penelitian :
Nama Peneliti :

BPP Prov. Kaltim

Lokasi Penelitian : Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara dan Kota Bontang
Abstraksi :

Ketersediaan indicator yang dapat diobservasi dan dapat diukur dengan hasil pengukuran atau observasi yang benar dan dapat dipercaya (valid dan reliable) akan mengarah kepada penilaian yang obyektif, tentang keberhasilan atau kegagalan suatu kebijakan atau program pembangunan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data primer yang di ambil di tujuh kecamatan dari tiga kabupaten / kota yaitu Kecamatan Tenggarong, Marangkayu dan Anggana di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kecamatan Tanah Grogot, Pasir Balengkong, dan Kuaro di Kab. Paser, dan Kecamatan Bontag Utara di Kota Bontang.

Analisis yang dilakukan adalah metode Analisis factor, suatu pendekatan statistic yang dapat digunakan untuk menganalisis hubungan di antara beberapa variable dan menjelaskan variable-variabel ini dalam keadaan umumnya berdasarkan dimensi  (factor). Tujuannya adalah untuk mencari cara menyingkat informasi yang terdapat dalam beberapa variable asal menjadi serangkaian variable yang lebih kecil (factor) dengan meminimalkan kehilangan informasi.  (Hair, Anderson, Tatham, Black, 1995)

Dari data yang diperoleh kemudian dibentuk beberapa variable indikator yang dapat menggambarkan keadaan kemiskinan suatu kecamatan.  Sembilan variable kemudian dikelompokkan dan direduksi menjadi tiga variable indicator yaitu Faktor Pendidikan, Faktor Kesehatan, dan Faktor Ekonomi. Kemudian dibuat Angka Indeks Kemiskinan Komposit menggunakan rumus Indeks yang dilakukan oleh  Agung (1996).

IKK  =   RND (K  -  10*FK)  ;  K  =  Konstanta bilangan bulat.

Baru setelah itu dibuat rangking dengan menjadikan Kecamatan Bontang Utara sebagai pembanding.  Setelah diperoleh hasilnya, maka dilakukanlah analisis factor tahap kedua, yaitu mereduksi tiga variable indicator tersebut menjadi satu variable tunggal yang disebut Faktor Kemiskinan. Dan kemudian kembali dibuat IKK dan rangkingnya,

Dari ketujuh kecamatan yang dijadikan sample, maka dapat dilihat bahwa untuk Faktor Pendidikan yang menduduki rangking tertinggi dalam kemiskinan adalah  Kecamatan Pasir Balengkong di Kab. Paser. Untuk Faktor Kesehatan kembali ditempati oleh Kecamatan Pasir Balengkong di Kab. Paser. Serta untuk Faktor Ekonomi ditempati oleh Kecamatan Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara.  Untuk hasil yang terakhir adalah Faktor Kemiskinan tertinggi diduduki oleh Kecamatan Pasir Balengkong di Kab. Paser.

Demikianlah bentuk hasil yang dipeoleh dengan menggunakan analisis factor.  Hasil yang diperoleh memang belum mencerminkan hal yang sebenarnya di lapang terkait dengan pengambilan sample yang belum menyeluruh.  Sebaiknya untuk menggunakan metode ini data diperoleh dengan mengambil seluruh kecamatan yang ada di suatu kabupaten atau kota, sehingga hasilnya lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga kelak dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait untuk memberikan prioritas penengulangan kemiskinan kepada daerah yang menjadi peringkat pertama kondisi miskin masyarakat.  Berikutnya diiringi dengan peringkat-peringkat selanjutnya.  Dan hasil pada analisis factor tahap pertama dapat menjadi acuan di bidang mana prioritas penenggulangan tersebut hendaknya dilakukan.

Tujuan Penelitian :

Tujuan dilakukan penelitian untuk :

  1. Untuk memilih dan menentukan indicator sederhana yang dapat diukur atau secara teoritis konsep kemiskinan di masing-masing kecamatan yang dipilih sebagai sample penelitian.
  2. Membentuk indeks komposit dan untuk mengetahui urutan rangking kemiskinan di masing-masing kecamatan yang dipilih sebagai sample penelitian.
  3. Untuk menyajikan saran-saran prioritas intervensi kebijakan pemerintah daerah/ kabupaten Paser, Kutai Kaetaneraga dan Kota Bontang dalam upaya pengentasan kemiskinan.
Kata Kunci : miskin, pendidikan


Video Litbang

Statistik Pengunjung



Aplikasi




Interaksi



Pengumuman

Selasa, 20 Mei 2014 - 09:33:22 WIB

Program Penelitian Terapan Bagi Dosen PTN/PTS tahun 2014

PENDAHULUAN Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai bagian dari triple heliks telah menyusun Rencana Pembangunan... Selengkapnya

Kamis, 27 Februari 2014 - 14:45:50 WIB

Rekapitulasi Penerimaan Penghargaan Penilaian SKPD Terbaik Di Lingkungan Pemprov. Kaltim untuk Tahun

Daftar Urutan Penerima Penghargaan SKPD Terbaik Tahun 2013 1. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Prov.... Selengkapnya

Artikel

Senin, 02 Juni 2014 - 08:53:41 WIB

4 Buah Ini Mampu Hindarkan Dehidrasi

Di suhu udara yang selalu panas seperti saat ini, tubuh Anda akan cenderung kehilangan banyak cairan tubuh atau... Selengkapnya

Selasa, 25 Maret 2014 - 12:33:09 WIB

Riset Terbaru, Satu Juta Anak Terserang TB per Tahun

Sekitar satu juta anak-anak, dua kali lipat dari perkiraan yang pernah ada sebelumnya, terserang tuberkulosis (TB)... Selengkapnya

Komentar BukuTamu

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Jl. MT. Haryono No. 126 Tlpn. 0541-201446 Fax. 0541-746797, 732286 - Samarinda - Kalimantan Timur 75124
Website : http://litbang.kaltimprov.go.id E-Mail : humas@litbang.kaltimprov.go.id