Balitbangda Prov. Kaltim Hadiri Konferensi Internasional LANdac (The Netherland Academy) Utrecht, Netherland
Balitbangda Prov. Kaltim Hadiri Konferensi Internasional LANdac (The Netherland Academy) Utrecht, Netherland


Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur diundang dalam Konferensi Internasional LANdac (The Netherland Academy) di Kota Utrecht Netherland yang bertema “Governing The Lnad For The Future” di Utrecht University, Netherland. (29/06/22 – 01/07/22). Konferensi dihadiri oleh Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim Dr.M Ir. H. Fitriansyah, S.T., M.M dan didampingi oleh Fungsional Peneliti Puput Wahyu Budiman, S.T., M.URP.

Konferensi tersebut merupakan rangkaian riset penelitian yang dilakukan oleh Konsorsium Indonesia-Netherland yang terdiri dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Institut Teknik Kalimantan (ITK) Balikpapan, Badan Restorasi Gambut Mangrove RI, Utrecht University Netherland, IHE Delft Netherland, dan Royal Haskoning Netherland.

Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim?Dr.M Ir. H. Fitriansyah, S.T., M.M memberikan keynote speech dalam konferensi tersebut dengan judul paparan “Welcome to Nusantara”. Fitriansyah menjelaskan berbagai deskripsi dan karakteristik di Kalimantan Timur dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menjadi objek, fokus dan lokus riset konsorsium.

Konferensi merupakan diseminasi hasil penelitian dari berbagai negara dunia, dengan Indonesia diwakili oleh konsorsium riset dengan judul riset "Following Frontiers of Forrest City: Toward Sustainable and Inclusive Urbanisation in Kalimantan and Beyond" yang berlokasi di Ibukota Negara Nusantara. Konferensi juga diisi beberapa workshop yang membahas tentang tema riset dan teknis pelaksanaannya di Kalimantan Timur oleh para anggota Konsorsium.

Apresiasi yang tinggi diberikan terhadap kehadiran dan partisipasi terutama Balitbangda Prov. Kaltim sebagai anggota konsorsium dan mengharapkan agar kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dapat diperluas di sektor lain di masa mendatang, yang dikatakan oleh Prof. Annelist Zoomer selaku Steering Committee kegiatan LANdac dalam closing speechnya.

Konferensi tersebut dihadiri lebih kurang 100 peserta yang terdiri dari berbagai negara yang dilakaksanakan secara hybrid.

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022