DPRD Kubar bersinergi dengan Balitbangda Kaltim terkait Food Estate
DPRD Kubar bersinergi dengan Balitbangda Kaltim terkait Food Estate


Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Timur mendapat kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat dalam rangka koordinasi peluang Food Estate di Kabupaten Kutai Barat sebagai Daerah Mitra Ibukota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis, 8 September 2022.

 

Tim 1 DPRD Kabupaten Kutai Barat berjumlah 22 orang dipimpin oleh Ibu Ipin, S.Pd  sebagai ketua rombongan Tim 1 dan turut ikut serta Ketua DPRD Kabupaten Kutai Barat Bapak Ridwai, S.H.  Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan Bapak Jonni, S.E., dan narasumber Bapak Donny Dhonanto, S.P., M.Sc. sebagai research collaborator dari Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dan jalannya acara dipandu oleh Bramantyo Adi Nugroho, S.E., M.Ec.Dev (peneliti Balitbangda Prov. Kaltim). Turut hadir pula Bapak Dr.M. Ir. H. Fitriansyah, S.T., M.M. memberikan sambutan, dan Analis Kebijakan Utama Bapak H. Mohammad Yadi Robyan Noor, S.E., M.TP., serta peneliti dan analis kebijakan dari Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbangda Prov. Kaltim.

 

Koordinasi berlangsung efektif dalam melihat potensi Kabupaten Kutai Barat untuk melakukan pengembangan kawasan Food Estate, "harus ada kerjasama intens dengan Balitbangda Prov. Kaltim untuk pengembangan lahan pertanian kedepannya.", tutur Ketua DPRD Kab. Kubar, Bapak Ridwai S.H.

 

Selain membahas peluang kerjasama, Ketua DPRD Kabupaten Kutai Barat juga menjelaskan masalah-masalah yang dihadapi Kabupaten Kutai Barat dalam mengembangkan lahan pertanian, seperti ketersediaan sumberdaya manusia, masalah teknis lahan seperti kelayakan lahan, batas lahan, izin kepemilikan lahan, banjir, dan juga kebijakan pemerintah daerah yang dianggap kurang berpihak kepada petani. "Perlu kebijakan daerah yang berpihak kepada Sektor Pertanian dibandingkan sektor lainnya, dan berikutnya masalah-masalah teknis, kelayakan lahan dan lainnya dapat diatasi setelahnya" tutur Bapak Donny Donantho.

 

Kedepan diharapkan pihak DPRD Kabupaten Kutai Barat dapat bersinergi dan bekerjasama dengan Balitbangda Prov. Kaltim terkait dengan tugas dan fungsinya tidak hanya riset Food Estate akan tetapi juga dapat memanfaatkan hasil- hasil riset lainnya, sehingga hasil riset tersebut dapat diterapkan untuk pembangunan daerah di Kabupaten Kutai Barat. Selain itu diharapkan sinergitas ini dapat pula terjadi pada kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022