FGD Persiapan & Implementasi Kota Cerdas dalam Membangun Ibu Kota Negara Baru
FGD Persiapan & Implementasi Kota Cerdas dalam Membangun Ibu Kota Negara Baru


Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi Kalimantan menggandeng Balitbangda Prov. Kaltim dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam merumuskan konsep Smart City yang rencananya akan diimplementasikan di Ibukota Negara baru nanti. Acara ini memiliki tajuk Focus Group Discussion Evolve Mission towards Smartcity Investment, Persiapan & Implementasi Kota Cerdas IKN. Kegiatan ini digelar pada Kamis (14/7) di Kampus ITK, Gedung Lab. Terpadu, Balikpapan. Acara ini dibuka secara resmi oleh Prof. Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik ITK.
 
Hadir sebagai narasumber adalah Dr.M. Ir. Fitriansyah, ST, MM sebagai Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim dan Tony Dwi Susanto, ST, MT, PhD seorang Dosen ITS dan sekaligus Expert Smartcity dan staf ahli Kementerian Kominfo Republik Indonesia. Dalam paparannya, Fitriansyah menjelaskan mengenai konsep Smart Province yang diharapkan mampu mengintegrasikan, mengkoordinasikan dan mengkolaborasikan konsep dan implementasi Smartcity di Kab/Kota penyangga IKN, yakni Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, PPU dan Paser. Sementara, Tony Dwi Susanto memaparkan mengenai rencana konsep Smartcity di IKN.
 
Hadir sebagai peserta diantaranya adalah dari Perangkat Daerah Dinas Kominfo Balikpapan, Balitbangda Kab. Kutai Kartanegara dan Bapedalitbang Kota Samarinda, serta hampir semua Ketua Prodi dilingkungan ITK. Lebih lanjut, Fitriansyah berharap agar hasil FGD ini nantinya dapat menjadi masukan bagi Kemenkominfo dan Badan Otorita IKN dalam pengimplementasian konsep Smartcity IKN dengan bersinergi dengan Smartcity kota-kota penyokongnya.
Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022