Forum Diskusi Invensi, Plt. Kepala Balitbangda Hadir sebagai Narasumber
Forum Diskusi Invensi, Plt. Kepala Balitbangda Hadir sebagai Narasumber


Forum Diskusi Invensi yang digelar Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (Jumat, 17/6) disambut antusias oleh para peserta diskusi yang mayoritas adalah dosen-dosen dilingkungan UMKT. Forum Diskusi ini mengambil tajuk Pengembangan Riset dan Inovasi untuk Pembangunan IKN. Acara ini menghadirkan dua narasumber yakni Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, Kepala Organisasi Riset Kebumian dan Maritim, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Dr.M. Fitriansyah, ST, MM selaku Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim. Forum ini juga menghadirkan stand-stand pameran hasil Riset dan Inovasi yang telah dihasilkan oleh beberapa Fakultas dilingkungan UMKT.

Forum ini dibuka oleh Rektor UMKT, Prof. Dr. Bambang Setiadji, MSc, yang juga memberikan opening spech terkait peran UMKT dalam pembangunan IKN, terutama dalam riset terkait electric vehicle yang akan menjadi kendaraan di IKN nantinya. Rektor UMKT juga berharap kedepannya UMKT dapat mengintensifkan kerjasama riset dan inovasi dengan BRIN dan Balitbangda Prov. Kaltim.

Dalam sesi diskusi, Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim, Fitriansyah, memaparkan mengenai arah kebijakan program riset di Balitbangda yang juga memprioritaskan riset dan inovasi terkait Pembangunan IKN. Fitriansyah juga menyambut baik kolaborasi yang tengah terjalin antara Balitbangda dan UMKT dalam hal riset-riset terkait IKN. Bahkan UMKT diikutsertakan didalam kajian penyusunan master plan atau rencana induk riset dan inovasi Balitbangda Prov. Kaltim pada tahun 2022 ini. Sementara, Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa memaparkan tentang kelembagaan riset nasional yang baru terbantuk yaitu BRIN dan peluang-peluang kerjasamanya dengan Lembaga-lembaga penelitian di Daerah dan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, beserta skema pembiayaannya.

Dalam sesi diskusi, beberapa dosen memberikan pertanyaan dan masukannya terkait penyelenggaraan riset-riset terkait IKN. Beberapa dosen berharap perlunya dukungan pembiayaan riset dari pihak eksternal kampus. Acara forum diskusi ini ditutup dengan penyerahan plakat dan foto bersama dengan seluruh peserta diskusi.

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022