Forum Ilmiah Nusantara Seri 1
Forum Ilmiah Nusantara Seri 1


Balitbangda Prov. Kaltim berkolaborasi dengan Bappeda Prov. Kaltim menggelar Forum Ilmiah Nusantara (FIN) Seri I Bidang Sumber Daya Manusia dengan tema "Strategi Penguatan dan Pemerataan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kalimantan Timur untuk Nusantara" di Hotel Leedon, Kota Surabaya, Jawa Timur. (9/11/2022)

Kepala Balitbangda Prov. Kaltim, Dr.M. Ir. H. Fitriansyah, ST. MM mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali ide, konsep, gagasan, maupun temuan dari Para Akademisi, Praktisi, dan Tokoh. "Output yang dihasilkan adalah bisa membantu merumuskan sekaligus perencanaan bagi pembangunan Kalimantan Timur kedepannya yang juga ikut menopang IKN."

Sekretaris Daerah Prov. Kaltim, Dra. Sri Wahyuni, M.PP saat memberikan sambutan di acara tersebut menyambut baik kegiatan FIN terlebih diawali dengan tema Sumber Daya Manusia. Hal ini karena di setiap periode pemerintahan, pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan misi utama/landasan dalam pembangunan di Kalimantan Timur.

Forum Ilmiah Nusantara seri 1 ini menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, B.Bus, M.Sc dan Anies Rasyid Baswedan, SE, MPP, Ph.D (mantan Mendikbud periode 2014-2016) yang memberikan sambutan sekaligus ucapan selamat atas terselenggaranya Forum Ilmiah Nusantara Seri 1 Bidang Sumber Daya Manusia “Strategi Penguatan dan Pemerataan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kalimantan Timur untuk Nusantara” melalui video tapping.

Kemudian acara tersebut dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Pada sesi pertama diisi oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebuadayaan, Raden Wijaya Kusumawardhana, ST, MMIB selaku Narasumber pertama yang membahas tentang “Strategi Penguatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kalimantan Timur”. Narasumber kedua oleh Deputi Lingkungan Hidup Badan Otorita IKN, Dr. Myrna Asnawati Safitri, SH, MA yang membahas “IKN dan Strategi Pemenuhan dan Penguatan Sumber Daya Manusia”.

Pada sesi kedua acara tersebut diisi oleh paparan 5 (lima) orang pemenang Call For Paper yang telah terpilih seleksi sebelumnya. Para pemenang tersebut membawakan masing-masing tema berjudul:

  1. Kajian Pengelolaan Guru SMA Negeri di Kalimantan Timur oleh Dr. Iya’ Setyasih, M.Pd dari Universitas Mulawarman;
  2. Peningkatan Peran Generasi Milenial untuk Mendukung Pengembangan Pertanian di Kawasan Penyangga Pangan IKN oleh Dr. Ir. Muhamad Hidayanto, MP dari Badan Riset dan Inovasi Nasional;
  3. Pengangguran Usia Muda di Kalimantan Timur oleh Nugroho Dwi Prasetio, S.ST dari Badan Pusat Statistik Kab. Kutai Kartanegara;
  4. Pemerataan Akses Perawatan Kesehatan Primer di Pedesaan Kalimantan: Layanan Kesehatan Dasar Apa yang Harus Tersedia Secara Lokal? oleh Ferry Fadzlul Rahman, Ph.D dari Universitas Muhamadiyah Kalimantan Timur; serta
  5. Peran Inkubasi Bisnis Perguruan Tinggi Dalam Peningkatan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Nusantara oleh Irfan M. Setiawan, M.Sc, Apt
Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022