Forum Ilmiah Nusantara Seri IV Bidang Infrastruktur
Forum Ilmiah Nusantara Seri IV Bidang Infrastruktur


Yogyakarta- 21 November 2022, Badan Penelitian dan Pengebangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Forum Ilmiah Nusantara Seri IV Bidang Infrastruktur dengan tema “Kolaborasi Pembangunan yang Berkelanjutan guna Mewujudkan Konektivitas dan Aksesibilitas Infrastruktur Dasar di Kalimantan Timur untuk Nusantara” yang juga merupakan rangkaian seri terakhir dari Forum Ilmiah Nusantara.

Bertempat di Hotel Alana Yogyakarta, kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Dr.M Ir. H. Fitriansyah, ST, MM serta Sambutan Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang 3 SDA, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat, Christianus Benny, S.Hut, MH sekaligus membuka kegiatan Forum Ilmiah Nusantara Seri 4.

Fitriansyah mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk menggali ide-ide, gagasan maupun temuan secara ilmiah guna ikut merumuskan arah pembangunan kebijakan kaltim juga nusantara kedepannya dan membuat arah kebijakan untuk Rencana Pembangunan Daerah (RPD) terutama dimasa transisi pada 2024-2026 dan juga arah pembangunan di RPJMD dan RPJMP”.

 Gubernur  Kalimantan Timur, Dr. Ir. H. Isran Noor dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang 3 mengatakan “Saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat menjadi bahan masukan dalam rangka pembangunan di infrastruktur Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur dan tentunya konektivitas infrastruktur di IKN yang terhubung langsung di berbagai wilayah di Kalimantan Timur”.

Lebih lanjut, Gubernur Kaltim berharap melalui forum ini dapat dirumuskan dengan tepat, strategi percepatan pembangunan infratrusktur guna mewujudkan konektivitas dan aksesibilitas infrastruktur dasar di Kalimantan Timur, semoga dalam forum ini juga dapat menghasilkan kajian ilmiah yang nantinya dapat bermanfaat dan bisa diterapkan di Kalimantan Timur dalam pembangunan dan pemenuhan infrastruktur dasar yang merata di Kalimantan Timur.

Kegiatan ini menghadirkan 5 narasumber utama yakni, Dr. Ir. Hari Suko Setiono, M. E.ng., Sc (Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah I,  Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR RI), Drs.Sumedi Andono Mulyo, MA, Ph.D  (Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/BAPPENAS), Amirulloh, S.SiT., M.M.Tr.  (Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan), Prof. Dr. Ir. Tamrin Rahman, S.T., M.T  (Wakil Dekan I Fak. Teknik, Unmul Universitas Mulawarman Samarinda), Aji Muhammad Fitra Firnanda, ST. MM. (Kepala Dinas PUPR Prov. Kaltim) dan juga 5 narasumber dari pemakalah terpilih dari Call For Paper yakni,  Eko Wahyudi, Tumingan, Firman Afrianto, Yossita Fiana, dan Tukimun.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR RI, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas, Seketaris Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Rektor Universitas Mulawarman diwakili oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Unmul, Para Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kab/Kota se-Kaltim.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dengan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta juga Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Adapun bahan materi yang dipresentasikan oleh para narasumber dapat diunduh pada tautan berikut https://bit.ly/MateriFINSeri4

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022