Forum Ilmiah Nusantara Seri lll Bidang Lingkungan Hidup
Forum Ilmiah Nusantara Seri lll Bidang Lingkungan Hidup


Dalam rangka persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024-2026, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui kolaborasi antara Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Prov. Kaltim dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Prov. Kaltim menyelenggarakan Forum Ilmiah Nusantara (FIN) Seri 3 Bidang Lingkungan Hidup dengan tema “Strategi Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Guna Ekonomi yang Berkelanjutan di Kalimantan Timur untuk Nusantara” (17/11/22).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Gran Senyiur Balikpapan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si serta dihadiri oleh perwakilan kementerian/lembaga, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur, perangkat daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur, perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) / mitra pemerintah yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, perusahaan swasta dan asosiasi.

“Pertemuan ini sangat luar biasa karena ada 4 tema penting yang harus menjadi perhatian kita, yaitu lingkungan hidup, ekonomi berkelanjutan, penelitian itu sendiri sebagai salah satu elemen penting dalam pembangunan bangsa, serta perencanaan. Hal ini harus menjadi perhatian serius bagi kita semua karena betapa banyak institusi, lembaga, perangkat daerah yang tidak memiliki data yang cukup sehingga perencanaannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan”, ujar Wakil Gubernur dalam sambutannya.

Untuk memberikan input dalam penyusunan perencanaan daerah khususnya di bidang lingkungan hidup, dalam forum ini hadir 5 (lima) orang narasumber utama yaitu Agus Rusly, S.Pi, M.Si. (Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Ir. Medrilzam, M.Prof. Econ, Ph.D (Direktur Lingkungan Hidup, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), Dr. Fadjar Pambudhi (Ketua Kelompok Kerja Mitigasi, Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim), Kiswanto, S.Hut, MP, Ph.D (Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, UNMUL) dan Alfan Subekti (Green Development Senior Manager Yayasan Konservasi Alam Nusantara) dengan moderator Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono (Wakil Rektor Bidang Akademik UNMUL).

Selain narasumber utama, dalam forum ini juga dipresentasikan 5 paper terpilih di bidang lingkungan hidup yang akan dimuat dalam prosiding yang diterbitkan oleh Balitbangda Prov. Kaltim.

Pelaksanaan FIN ini menghasilkan rumusan berupa strategi dalam menghadapi isu–isu strategis pembangunan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang akan digunakan sebagai input RPD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024-2026.

 

Adapun bahan materi dapat diunduh melalui tautan https://bit.ly/MateriFinLH

 

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022