"GELAR KARYA TEKNOLOGI" Memperingati HAKTEKNAS Ke-27


Memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-27, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur menginisiasi Gelar Karya Teknologi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur dan SMK TI Airlangga Samarinda di Lab. SMK TI Airlangga. (22/8/22)

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala SMK TI Airlangga, Muhammad Yani, S.Kom., M.TI , sambutan sambutan oleh Kasi Kurikulum dan Penilaian SMK, H. Taufiqur Rohman, S.Pd, M.Si. dan Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim, Dr. Ir. H. Fitriasnyah, ST, MM.

“Kami sudah mempersiapkan beberapa karya yang terkait dengan Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi. SMK TI Airlangga juga siap membantu pendataan pertumbuhan dan distribusi dengan sistem yang telah kami dirancang” kata Yani dalam sambutannya.

H. Taufiqur Rohman, S.Pd, M.Si selaku Kasi Kurikulum dan Penilaian SMK menyampaikan agar pelajar mengoptimalkan skill yang dimiliki sehingga dapat berinovasi menghasilkan karya yang bermanfaat yang nantinya dapat dikomunikasikan dan berkolaborasi untuk mendapatkan dukungan dan bantuan.

Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim, Dr. Ir. H. Fitriansyah, ST, MM dalam sambutannya mengkhawatirkan tentang kebutuhan energi yang masih terpaku pada migas dan batubara sehingga dibutuhkan inovasi-inovasi baru untuk kebutuhan energi kita nantinya yang merupakan tantangan bagi periset teknologi.

Pada acara ini dilakukan demo prototype karya dari Pelajar SMK TI Airlangga Samarinda seperti : Prototype Pendeteksi Kebakaran, Sistem Peringatan Dini,  SUNMI Perangkat dan Aplikasi Kasir Digital, Aplikasi Absensi menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berbasis web, dan Perangkat Robotic dangan RC Controller.

Lebih lanjut Fitriansyah mengatakan pada tahun depan balitbangda yang sudah berubah menjadi BRIDA berencana memperbesar Gelar Teknologi Pelajar dengan mengikutsertakan SMK-SMK untuk berkompetisi dalam membuat karya inovasi.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Pelajar SMK TI Airlangga dan Pemberian Plakat Balitbangda Prov. Kaltim kepada Kepala SMK TI Airlangga oleh Plt. Balitbangda Prov. Kaltim. Acara tersebut dihadiri Analis Kebijakan Ahli Muda, Peneliti Balitbangda, dan Pelajar dari SMK TI Airlangga Samarinda. (HM)

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022