Penjajakan Pembangunan Iradiator Gamma di Kalimantan Timur, Balitbangda Kunjungi Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)
Penjajakan Pembangunan Iradiator Gamma di Kalimantan Timur, Balitbangda Kunjungi Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)


Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim, Dr.M. Ir. Fitriansyah, ST, MM memimpin tim riset dalam rangka penjajakan pembangunan iradiator gamma dengan didampingi periset Zhikry Fitrian, ST, MM dan Bramantyo Adi Nugroho, SE, M.Ec.Dev. serta Analis Kebijakan Ahli Utama, H. M. Yadi Robyan Noor, SE, MTP untuk berdiskusi dengan pihak Badan Tenaga Nulir Nasional (BATAN) yang saat ini tergabung dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) (29/7). Dalam kunjungan tersebut Tim Balitbangda Prov. Kaltim diterima oleh tenaga ahli pembangunan irradiator gamma yang tergabung dalam Organisasi Riset (OR) Tenaga Nuklir BRIN antara lain Mujiono, ST (Penata Pengembangan Nuklir Ahli Madya) selaku Koordinator Iradiasi, Elektromekanik dan Instrumentasi, Ir. Rismiyanto (Penata Pengembangan Nuklir Ahli Madya), Dipl. Ing. Ari Satmoko, DEA (Perekayasa Ahli Madya), Indra Miliardi, ST, MT (Penata Pengembangan Nuklir Ahli Muda) selaku Sub-Koordinator Loka Iradiator Gamma Merah Putih dan Wibowo, S.Si (Pranata Humas Ahli Muda).

 

Pada rapat tersebut dijelaskan bahwa Tim Balitbangda Prov. Kalimantan Timur telah dan sedang melakukan beberapa riset yang terkait dengan Rencana Kebutuhan Pembangunan Iradiator Gamma di Kalimantan Timur yang secara spesifik ditujukan kepada industri pengawetan pangan dan peningkatan ekspor di Kalimantan Timur, seperti Pra Feasibility Study (Pra-FS) Kawasan Buluminung Science Techno Park (2017), Kajian Aspek Pasar Iraditor Gamma Prov. Kaltim (2021), serta pelaksanaan Focus Group Discussion terkait BSTP. Pada tahun 2022 ini, Balitbangda Prov. Kaltim kembali melakukan Kajian Aspek Pasar Iradiator Gamma dengan memperluas lokus kajian aspek pasar irradiator gamma di Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Selain itu, direncanakan, pada tahun 2023 akan dilaksanakan Feasibility Study (FS) terkait pembangunan irradiator gamma di Kalimantan Timur.

 

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, maka pada rapat teknis tersebut dibahas secara detail mengenai riset lanjutan dan persiapan penyusunan FS tentang fasilitas iradiator gamma di Kalimantan Timur yang merupakan kerjasama Organisasi Riset Tenaga Nuklir dengan Pemerintah Prov. Kalimantan Timur. Pada kesempatan ini Tim Balitbangda Prov. Kaltim juga melakukan peninjauan langsung instalasi iradiator gamma dan iradiator elektron di Kawasan Nuklir Pasar Jakarta Selatan untuk mendapatkan gambaran secara langsung dan teknis tentang fasilitas Iradiator khususnya untuk kepentingan industri ketahanan pangan di Kalimantan Timur.

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022