PLT BALITBANGDA PROV KALTIM HADIRI GEKRAFS SEBAGAI NARASUMBER
PLT BALITBANGDA PROV KALTIM HADIRI GEKRAFS SEBAGAI NARASUMBER


Plt. Kepala Balitbangda Prov Kaltim, Dr.M Ir. H. Fitriansyah, ST, MM menghadiri acara GEKRAFS CORNER sebagai narasumber yang digelar oleh Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) Kalimantan Timur. (16/9/22)

Acara yang dilaksanakan di City Centrum Mall ini diawali dengan sambutan dari Ketua Gekrafs Kaltim, Aji Mirza Hakim dan sambutan Wakil Gubernur Kalimantan Timur sekaligus membuka acara Gekrafs Corner yang diwakili Oleh Kepala Diskominfo Kaltim H. M. Faisal, S.Sos., M.Si. yang juga menjadi salah satu narasumber pada acara tersebut.

Dalam sambutan Wagub yang diwakili oleh Faisal, “atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, ia menyambut baik digelarnya event Gekrafs Corners yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah Gekrafs Kaltim. Event ini sangat penting dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM pada ekonomi kreatif termasuk bagi para  penggiat seni dan budaya.”

Gefkrafs sendiri adalah gerakan masyarakat dan para pelaku ekonomi kreatif yang memiliki visi bersama yakni belajar, bersinergi, berdaya guna menjadikan Ekonomi Kreatif sebagai masa depan Indonesia.

Pada event tersebut Fitriansyah menyampaikan riset yang dilakukan Balitbangda pada Tahun 2018 tentang Industri Kreatif, bahwa pelaku ekonomi kreatif di kaltim paling banyak pada kota Balikpapan dan Samarinda. Dimana  pelaku ekonomi kreatif terbanyak yakni pada subsektor kuliner, fesyen dan kriya.

Fitriansyah juga menyampaikan rekomendasi untuk kemajuan pelaku Industri Kreatif yakni,

  1. Membangun kemampuan sumberdaya manusia melalui workshop, pelatihan, dan Pendidikan.
  2. Mengembangkan ekosistem bisnis yang terpadu berdasarkan model pengembangan ekonomi kreatif.
  3. Perindungan dan manajemen, dukungan hak atas kekayaan intelektual (HAKI)
  4. Membangun hubungan dengan komunitas kreatif di Kota Samarinda
  5. Perlu adanya dukungan pendanaan dari pemerintah provinsi atau pemerintah pusat
  6. Perlu adanya dukungan dana untuk pendataan rigid industri ekonomi kreatif
  7. Perlu diperbanyak event-event/kegiatan pameran atau e-commerce untuk pemasaran produk kreatif.
  8. Ruang publik pelaku kreatif dengan lokasi di 10 kecamatan Kota Samarinda.
  9. Kemudahan dalam perijinan usaha ekonomi kreatif.
  10. Menfasilitasi diklat pelaku ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda dan Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

Pada event tersebut juga dilaksanakan penandatanganan pembentukan Koperasi Gerakan Ekonomi Kreatiif Nasional (GEKRAFS) dan juga penyerahan hasil riset yang dilakukan Balitbangda Prov. Kaltim kepada Ketua Gekrafs Kaltim oleh Plt. Kepala Balitbangda Prov. Kaltim, Dr.M Ir. H. Fitriansyah, ST, MM.

Posted in:

Artikel Terkait

Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2016-2022