Badan Litbang Kemendagri Dorong Upaya Peningkatan Kapasitas Peneliti

499 Views

JAKARTA-Peneliti merupakan ujung tombak bagi keberadaan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Karenanya, peningkatan kapasitasnya perlu diperhatikan, agar menghasilkan kinerja yang maksimal. Merespons kebutuhan tersebut, Badan Litbang Kemendagri menggelar Forum Diskusi Selasa bertajuk “Penguatan Kapasitas Pejabat Fungsional Peneliti”, Selasa (18/8/2020).

Kegiatan yang digelar secara virtual ini melibatkan peneliti dari Badan Litbang Kemendagri dan Badan Litbang maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi kelitbangan, baik di provinsi dan kabupaten/kota. Sementara narasumber yang hadir yakni Gono Semiadi yang merupakan Ketua Majelis Asesor Peneliti Pusat, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni, menjelaskan, Forum Diskusi Selasa atau disingkat Fordisel, merupakan wadah untuk mendiskusikan berbagai upaya peningkatan kapasitas Badan Litbang dari berbagai aspek, termasuk sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. “Penguatan kapasitas peneliti perlu kita lakukan karena tantangan yang akan datang membutuhkan kemampuan yang semakin baik,” ujar Fatoni saat membuka kegiatan tersebut.

Fatoni menambahkan, peningkatakan kapasitasi dibutuhkan karena menyadari secara kuantitas jumlah peneliti masih belum mencukupi kebutuhan. Di sisi lain, secara kualitas masih banyak hal yang dapat terus ditingkatkan. “Khususnya di lingkungan pemerintah daerah dan Kemendagri, dalam rangka mendorong kinerja,” tuturnya.

Fordisel rencananya bakal menjadi kegiatan rutin Badan Litbang Kemendagri. Selain kegiatan tersebut, Badan Litbang Kemendagri juga menggelar webinar rutin setiap Rabunya. Fatoni menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja Badan Litbang agar semakin berkualitas. (MJA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *